Twitter, Inc.
|
||
Didirikan
|
San Francisco, California, A.S.
|
|
Wilayah
|
Seluruh dunia
|
|
Tokoh utama
|
Dick Costolo (CEO)
Jack Dorsey (Pimpinan Eksekutif) Evan Williams (Direktur) Biz Stone (Direktur Kreatif) |
|
900+ (2012)[3]
|
||
PeringkatAlexa
|
||
Jenis situs
|
||
Pendaftaran
|
Ya (untuk mengirim kicauan, mengikuti
atau diikuti)
|
|
Diluncurkan
|
||
Status terakhir
|
Aktif
|
|
|
Logo pertama Twitter (15
Juli 2006-14 September 2010).
Logo kedua Twitter (14
September 2010-5 Juni 2012).
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk
mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[7] (tweets). Kicauan adalah teks
tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman
pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis
lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima
kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon
seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara
tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di
mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di
San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack
Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini
memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan
sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung
berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah
nama seorang mantan pemain basketNBA, Larry Bird.
Daftar isi
|
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan
oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut,
Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS
layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai
pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi
perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada
tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara
tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari
menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter
mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi
"Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
Sudah lebih dari 400.000 kicauan
dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang
menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun
2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama
tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010
pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta
kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan
dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif
ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia
2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30
setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor
dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan
Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena
pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael
Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan
topik dengan menggunakan tanda pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk
menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai
batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS,
memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS.
Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL
seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic,
Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks
yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk
memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.
Pada halaman utama kita bisa melihat
kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama
disebut juga sebagai Timeline
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh
seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah
dikirim-tampil.
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin
menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun
seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam
halaman utama.
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah
akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh
orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Biasanya konten ini merupakan balasan dari
percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak
bicara.
Kicauan ditandai sebagai favorit agar
tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara
pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali
pengguna yang dikirimi pesan.
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu
agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain
juga
Pengguna twitter dapat mengelompokkan
ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat
melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Secara garis besar adalah topik yang
sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan
tagar (#) yang dilepaskan dengan
kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang
ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik
yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang
mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik
tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di
dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan
upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada
2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic
Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena
hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu
Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla
Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber
(Beliebers), Twilight, Harry Potter dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak
biasa seperti #7KulinerSbyPalingWuenak.
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
·
Celoteh tidak berarti - 40%
·
Percakapan - 38%
·
Nilai lewat-terus (pass-along) - 9%
·
Promosi diri - 6%
·
Berita - 4%
·
Spam - 4%
Twitter adalah merupakan salah satu dari
10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik
web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter
berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial
berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan
Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh
tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan
bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008
menjadi 7 juta pada Februari 2009.
Kurang dari setengah kicauan yang
dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan
aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada
banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, SnapTwit,SimpleTweet, Gravity
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada
bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar
daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga
menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan
bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya
dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam
pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan
fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar
artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya
sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa
memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali
menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah
Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter,
Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah
diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah
mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan.
Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi
pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk
secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim
kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan
mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk
mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.
Di Indonesia, Twitter sangat populer.
Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta
aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam
sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi
negara nomor satu untuk urusan Twitter.[11]
Banyak yang mengatakan bahwa twitter
adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun,
beberapa pengguna merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima
pesan yang tidak relevan dengan kebutuhan mereka.
Berbagai penelitian di sekitar Twitter
telah dilakukan seperti bidang sosiologi dan perilaku. Sebuah penelitian
dilakukan Bruno Goncalves menyatakan bahwa jaringan sosial modern membantu seseorang berinteraksi
namun kendala biologis dan fisik membatasi hubungan sosial secara stabil.[12]
Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter
memiliki tingkat pemeliharaan pengguna sebesar 40%. Banyak orang berhenti
menggunakan layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai
hanya sekitar 10% dari semua pengguna internet.
Pada bulan Maret 2009, komik strip
Doonesbury mulai menyindir Twitter. Banyak karakter menyoroti kicauan yang
mengikuti pemutakhiran topik hangat (trend updates) terus-menerus.
SuperNews! juga mengatakan bahwa Twitter sebagai kecanduan dan mengatakan
kicauan tidak lebih dari “teriakan ke kegelapan berharap seseorang
mendengarkan”.
Scott A. Golder dan Michael W. Macy menganalisis lebih dari 500.000 update oleh 2,4 juta pengguna Twitter di 84
negara selama 2 tahun. Data dibagi menjadi kelompok-kelompok update berdasarkan
jam. Temuan menunjukkan Twitter menegaskan pola seharian.[13]
Alessio Signorini menggunakan data menciak pengguna Twitter untuk mengganalisis tingkat
penyebaran flu H1N1 di Amerika Serikat.[14] Marcel Salathé dan Shashank Khandelwal melacak bagaimana pola pikir pengguna Twitter berkorelasi dengan tingkat
partisipasi vaksinasi H1N1 dan bagaimana perasaan negatif atau positif
mempengaruhi pengguna lain.
0 comments:
Post a Comment